Senin, 04 Mei 2015

Penyebaran Pengaruh Cina Di Asia Tenggara


Pengaruh Cina ke Asia Tenggara ada yang lewat darat dan ada yang lewat laut. Pengaruh Cina di Asia Tenggara Daratan terutama terjadi pada bangsa Vietnam. Setiap kali dinasti Cina mengalami kejayaan, maka Vietnam menjadi jajahan Cina. Sebaliknya jika dinasti Cina merosot, maka Vietnam berjuang membebaskan diri dari kekuasaan Cina. Itulah sebabnya Vietnam termasuk wilayah Indocina, yaitu daerah yang dipengaruhi budaya India dan Cina. Khusus untuk Vietnam, pengaruh Cina menjadi dominan.

Karena penduduk pantai timur sangat padat, banyak orang-orang Cina mencari mata pencaharian ke luar Cina, terutama ke Asia Tenggara. Akibat petualanganCina ini, maka banyak orang-orang Cina yang bermukim di Asia Tenggara, terutama Asia Tenggara kepulauan seperti di Singapura, Malaysia, Indonesia dan Filipina.

Jumlah orang-orang Cina di Singapura lebih besar dari ras lainnya sehingga pulau itu didominasi oleh orang-orang Cina. Sementara itu jumlah orang Cina di Malaysia hampir seimbang dengan orang-orang Melayu. Walaupun mendominasi perekonomian Malaysia, tetapi orang-orang Cina di Malaysia tidak bisa ikut memerintah ( konsensus nasional). Sedangkan orang Cina di Indonesia hanya minoritas tetapi mendominasi perekonomian Indonesia.

(Asia Tenggara Zaman Pranasionalisme/ A.K Wiharyanto)

0 komentar:

Posting Komentar